Tanaman Hias Indoor Dengan Visual Epic

Jika kaktus dan lidah buaya sudah terlalu mainstream, 10 Tanaman indoor dibawah ini khusus untuk kamu yang butuh tantangan lebih

Tanam indoor yang minim perawatan
Nicolas Herrera / Unsplash

Kaktus dan Lidah Buaya mungkin sudah jadi standar de facto dalam daftar tanaman indoor yang minim perawatan. Jika kamu team anti mager, mari kita skip beberapa tanaman indoor mainstream tersebut dan beralih ke tanaman yang butuh sedikit perhatian ekstra. Nilai tambahnya, tanaman berikut lumayan estetik dan juga bisa menyegarkan udara dalam rumah.

Ara Biola

Ara biola (Fiddle leaf fig)
Ara biola (fiddle leaf fig), by Kara Eads via Unsplash

Aslinya, ara biola atau ketapang biola dapat tumbuh cukup besar, namun, untuk keperluan interior, ara biola bisa diletakkan dalam pot sehingga pertumbuhannya bisa dikontrol. Menempatkan ara biola dalam ruangan bisa memberikan aksen aksitektural yang kuat. Meski begitu, ara biola dikenal memiliki perawatan yang menantang. Beberapa masalah yang kerap muncul antara lain tepi daun yang gugur, akar membusuk, dan daun berwarna kecokelatan.

Monstera Deliciosa

Monstera deliciosa (janda bolong)
Monstera deliciosa

Kadang disebut juga janda bolong di Indonesia, meskipun tidak semua jenis monstera adalah janda bolong. Umumnya, janda bolong yang populer di Indonesia adalah jenis monstera obliqua dan monstera adansonii. Selain dua itu, monstera deliciosa adalah versi yang lebih epic. Daunnya lebar, unik, cantik dan menyerupai hati. Bentuk lubangnya juga lebih rapi dan memiliki kesan elegan dibanding jenis monstera lainnya. Sama seperti ara biola, monstera deliciosa tidak butuh pencahayaan langsung tapi daunya harus rajin disemprot dan dibersihkan. Jika tidak, sisi daun cenderung terlipat dan menguning.

Deliciosa artinya enak. Katanya, saat buahnya matang, rasanya seperti perpaduan nanas dan pisang. Tapi, jangan coba makan daunnya karena bisa mengakibatkan iritasi mulut sampai kehilangan suara atau kematian untuk beberapa hewan.

Peace Lily

Peace lily
Peace Lily

Juga dikenal sebagai lili perdamaian, peace lily benar benar seperti air purifier alami. Kemampuannya mengurangi spora jamur dan membersihkan udara benar benar jempolan, bahkan menjadi salah satu daftar teratas NASA sebagai filter udara alami. Perawatannya sangat mudah. Kamu cuma harus memastikan tanaman ini cukup air, menjaga temperaturnya, menjaga agar tidak terkena sinar matahari langsung serta rajin membersihkan daun dan bunganya. peace lily cukup mudah dihinggapi jamur dan coltivirus, jadi mungkin kamu harus sesekali memeriksa akarnya. Pastikan juga untuk menjauhkannya dari anak-anak dan hewan peliharaan karena peace lily termasuk beracun.

Pilea Peperomioides (Chinese Money)

Pilea atau Chinese Money plant
Yu Xuan Lee / Unsplash

Pilea lumayan populer karena tampilannya yang lucu menyerupai koin. Meskipun perawatannya tergolong mudah, tapi di beberapa wilayah agak sulit untuk diperoleh. Jika tumbuh dengan baik, Pilea akan menghasilkan warna daun yang glossy dan anakannya yang lucu disekitaran akarnnya yang bisa kamu bagikan ke tetangga.

Tanaman Karet

Pohon karet, via Unsplash
Pohon karet (Ficus Elastica), via Unsplash

Tanaman yang kadang disebut karet kebo ini mampu menyerap senyawa karbon monoksida dan polutan lainnya dengan sangat baik. Menurut kami, dengan tampilannya yang sederhana dan daun berwarna gelap membuat interior terasa lebih minimalis, terlebih jika kamu lebih suka ruangan yang tidak terlalu berwarna. Tanaman karet dapat tumbuh cukup tinggi. Jadi bila daun sudah lebat, pangkas dan rapikan untuk menjaga keindahannya.

Post a Comment