Inspirasi Taman Indoor Buat Rumah Tinggal

Hanya karena lahan kita tidak memungkinkan untuk punya taman depan atau belakang, bukan berarti kita gak bisa menikmati area hijau

Taman indoor minimalist dan gak ribet
Taman indoor, Pinterest

Selain sebagai pemanis, menempatkan taman indoor bisa membuat sirkulasi udara di dalam rumah jadi lebih sehat dan juga membuat suasana menjadi lebih segar. Namun, kadang ukuran rumah tidak memadai untuk membuat sebuah taman di belakang atau depan rumah. Alasan inilah yang membuat para arsitek mulai menerapkan desain taman indoor di sebuah rumah.

Yang membuat taman indoor seru dan menarik adalah kamu bebas mengkombinasikan berbagai jenis tanaman untuk membangun vibes unikmu sendiri dan juga bagaimana merawatnya agar tetap mekar disepanjang tahun. Uniknya, taman indoor tidak harus berarti menanam semuanya di lantai tanah. Beberapa insipirasi dibawah ini bahkan menggunakan vertikal garden untuk membangun nuansa hijau dalam rumah.

1. Tanaman rambat di dinding vertikal


Taman indoor vertikal
Taman indoor vertikal. Image credit: Max A Rush/Future

Tumbuhan yang ditanam secara vertikal ditembok, bisa menaikkan nilai estetik ruangan. Gunakan media tanam besi atau teralis dengan kombinasi pot mini atau tanaman rambat.

2. Partisi untuk menggantung beberapa pot


Partisi tanaman gantung
Image credit: Lana Red Studio

Jika tanaman rambat cukup sulit pemeliharannya, gunakan teralis atau wire mesh sebagai partisi ruangan yang bisa kamu jadikan gantungan untuk beberapa tanaman mini jenis sukulen atau tanaman low maintenance lainnya. Saya merekomendasikan artikel dari Lana Red Studio untuk referensi instalasinya.

3. Hutan mini di dapur


Hutan mini di dapur
Brina Blum, via Unsplash

Kamu bisa memberikan nyawa pada dapur dengan menempatkan beberapa tanaman indoor berdaun lebat semisal monstera atau janda bolong. Selain karena tampilannya yang estetik, monstera cukup populer untuk membangun vibes hutan mini. Kombinasikan dengan rak kayu dan beberapa bunga jenis sukulen untuk menambah nuansa epic ala instagrammer.

4. Aneka Tanaman Pot dan Tanaman Gantung di Ruang Baca


Tananam gantung di dalam ruangan
 HIGE and ME, via YouTube

HIGE and ME punya ide unik dengan menambahkan beberapa pot dan tanaman gantung di ruang baca. Untuk pemilihan tanaman, monstera sangat cocok untuk area ini karena daunnya yang lebat atau beberapa tanaman herbal sebagai alternative.

Post a Comment