DIY: 5 Kreasi Pola Pot Gantung Macrame

Membuat gantungan pot bunga adalah salah satu kreasi macrame yang mudah diaplikasikan

Hanging pot by Paul Hanaoka via Unsplash
Hanging pot by Paul Hanaoka via Unsplash

Menambahkan elemen dekorasi hasil kreasi sendiri bisa bikin rumah terlihat unik. Kalau kamu suka merawat dan memajang tanaman di rumah, coba deh bikin pot gantung macrame agar tanamanmu bisa tampil lebih menarik.

Macrame adalah seni membuat simpul dekoratif yang bisa diaplikasi di berbagai aksesoris seperti tas atau bahkan hiasan rumah seperti pot gantung. Beberapa gantungan pot macrame dibuat dengan simpul sederhana dengan pola unik yang bisa kamu kreasikan sendiri.

Youtube dan beberapa artikel berikut mendokumendasi dengan detail cara membuat pot gantung macrame dengan pola berbeda-beda yang mudah diikuti.

1. Simpul Empat Sederhana

Macrame pot gantung 4 simpul
Macrame pot gantung 4 simpul

Kalau kamu cari yang benar-benar mudah, tutorial macrame dari Homepiness ini hanya menggunakan pola 4 simpul dan butuh hanya 10 menit untuk membuatnya lho. Pola ini cukup untuk apalagi jika kamu mau membuat banyak gantungan sekaligus tapi gak butuh waktu lama.

Video: DIY Easy Macrame Plant Hanger for Beginner | Tutorial Membuat Tali Pot Gantung Macrame

2. Heart/Love Pattern

Macrame love pattern
Macrame love pattern

Kreasi macrame dari Macrame Art Jogja ini punya pola unik karena menyerupai bentuk hati atau love. Jika kamu suka tantangan, kamu bisa coba pola ini.

Video: HEART PATTERN | Tutorial Macrame Plant Hanger

3. Macrame dengan Mason Jar

Mason jar macrame
Mason jar macrame

Kalau kamu punya waktu lebih, pertimbangkan juga pola macrame yang satu ini. Selain simpulnya yang sangat unik, dengan hanya modal mason jar atau toples, kamu bisa menghasilkan tampilan pot gantung yang estetik.

Video: DIY Mason Jar Lantern

4. Macrame dengan pola Diamond

Diamond pattern macrame for hanging pot
Diamond pattern macrame for hanging pot

Dengan pola ini kamu bisa menciptakan nuansa bohemian dalam ruangan. Jangan terkecoh dengan polanya yang terlihat rumit, Macrame School memberikan instruksi yang detail banget di tutorialnya kok.

Video: DIY Macrame Plant Hanger Easy NEW Diamond Design

5. Tambahkan ring emas sebagai pemanis

Gold ring macrame
Gold ring macrame

Beberapa pot gantung macrame menggunakan ring metal atau hook untuk material gantungannya. dan kadang ring ini cukup kecil dibandingkan potnya. Persia Lou menggunakan ring emas dengan ukuran lumayan besar yang jadi vocal point anyamannya.

Artikel: Simple DIY macrame plant hanger

Gantung atau pajang pot gantung macrame mu di tempat yang diinginkan. Lalu gunakan semprotan air untuk menyiramnya secara rutin. kalau kamu tipe mageran, gunakan tanaman low-maintenance atau sukulen seperti kaktus atau lidah mertua.

Nah, jadi deh pot gantung macrame DIY hasil besutan sendiri. Hal terpenting dalam membuat anyaman macrame adalah kreativitas masing-masing orang. Desain dan jenis tanaman juga bebas dikreasikan sesuai selera. Selamat mencoba!

Post a Comment